-->

Iklan Billboard 970x250

4 Website Penyedia Jurnal Internasional dan Nasional

4 Website Penyedia Jurnal Internasional dan Nasional

Mahasiswa Tingkat Akhir Harus Baca!!!

Dikalangan dunia pendidikan tentu tak asing lagi dengan kebutuhan jurnal guna mendukung literasi ataupun guna sebagai sumber informasi dalam pembuatan tugas karya tulis, paper, penelitian, dan lain sebaginya. Sejatinya jurnal juga merupakan suatu karya tulis yang diunggah atau diindex oleh penulis dan pempablish. Ada jutaan jurnal yang terdapat diinternet, mulai dari jurnal pendidikan, kesehatan, teknologi, dan masih banyak lagi. 

Pertanyaanya apakah semua jurnal itu memiliki kualitas yang baik? posisi saya disini juga menghargai suatu karya tulis milik orang lain, karena mereka dalam pembuatan jurnal juga memerlukan waktu, biaya, dan kerja keras. Mungkin sepatutnya jawaban yang paling tepat adalah, tidak semua jurnal sesuai dengan  kriteria yang kita inginkan. Jurnal yang memiliki kualitas baik tentu akan di index pada website pempublish ternama, berbayar ataupun tidak bebayar. berikut ini adalah website penyedia jurnal internasional maupun nasional yang memiliki kualitas tulisan yang cukup baik:

1. DOAJ
  

DOAJ merupakan media direktori daring on line yang mengidekskan dan menyediakan layanan jurnal yang berkualitas. Keuntungan penggunaan doaj adalah layanan ini menyediakan ribuan jurnal berkualitas dan tentunya GRATIS Tujuan doaj adalah untuk meningkatkan visibilitas dan kemudahan bagi para pencari jurnal, dan ditujukan sebagai promosi meningkatkan penggunaan jurnal serta dampaknya.


   
ScienceDirect adalah database yang berisi kumpulan dokumen full-text yang berkualitas yang telah diperiksa oleh peer-review Elsevier dan tentunga banyak sekali buku ataupun jurnal yang terdaat di ScienceDirect di sediakan secara gratis. ScienceDirect menyediakan sumber bacaan sejumlah  26,000 judul buku dan 2,500 judul jurnal, cukup banyak untuk memilih sumber referensi bagi tugas kuliah.  

ScienceDirect menyediakan fungsi pencarian dokumen yang canggih pada bagian Search dan Retrieval tools seperti informasi yang terintegrasi dengan sumber-sumber eksternal dalam bentuk audio dan video dan seperangkat data.

3. SINTA

Guna mendongkrak jumlah publikasi di Indonesia maka kemenrsitekdikti (kemetrian riset, teknologi, dan pendidikan tinggi) membangun science and technology index SINTA yang mana menyediakan 2.175 jurnal, 18.000 buku, dan 5000 IPR.


Sinta memiliki perbedaan dengan pengindeks yang sebelumnya sudah ada mencakup Google Schoolar, IPI, dan Portal Garuda.  Sinta merupakan portal yang berisi tentang pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi antara lain kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi Iptek.

Sinta merupakan portal pengindeks global yang mana terhubung dengan jurnal ternama seperti Scopus. Jurnal yang termuat dalam sinta akan memiliki kategori Akreditasi A atau B. sesuai dengan kualitas jurnal yang di uploud


 4. Elsevier


Elsevier adalah salah satu penyedia informasi ilmiah, teknis, dan medis terbesar di dunia dan perusahaan teknologi yang didirikan tahun 1880. Elsevier sekarang bagian dari RELX Group. Sebelum tahun 2015, Elsevier bernama Reed Elsevier. Produk-produknya meliputi jurnal The Lancet dan Cell, koleksi jurnal elektronik ScienceDirect, seri jurnal Trends dan Current Opinion, dan pangkalan data sitiran daring Scopus.


Elsevier menyediakan sekitar 400.000 artikel per tahun di 2.500 jurnal. Arsipnya menyimpan lebih dari 13 juta dokumen dan 30.000 buku elektronik tapi sayangnya jurnal yang dimuat dalam Elsevier merupakan jurnal berbayar ya bisa dibilang cukup mahal untuk kalangan mahasiswa yang tentunya cuma memiliki uang pas-pasan:) 

Kebutuhan karya peper karya ilmiah diera saat ini mulai mengalami peningkatan, tentu dikarenakan banyak faktor, mulai dari kebijakan suatu instansi, ataupun sarat peningkatan jabatan para pendidik. Hal demikian memicu munculnya suatu ladang bisnis bagi para penerbit jurnal, khususnya yang memiliki kualitas yang bagus, yang mana tidak sedikit biaya yang diperlukan untuk membaca artikel tersebut dan belum tentu sesuai dengan topik yang kita butuhkan. 

Setidaknya sed
ikit bersyukur karena mendapatkan sedikit keringanan umumnya bagi mahasiswa untuk karena masih ada beberapa penyedia jurnal yang masih menyediakan layanan secara gratis, dan tentunya muatan jurnal yang didalamnya masih cukup bagus. Dari saya cukup sekian dan terimakasih.
Baca Juga
SHARE
LATEST Older
Subscribe to get free updates

Related Posts

1 comment

Post a Comment

Iklan Tengah Post